Stay Tune... Only On 95.70 GeNJ RADIO SURYA MUSIK PERSADA

Sabtu, 27 Desember 2008

Kaleidoskop News 2008

1. Tahun 2008, bisa dibilang tahun yang kelam bagi jajaran Kejaksaan Agung. Instansi yang dipimpin Jaksa Agung Hendarman Supandji ini seakan tercoreng ulah anak buahnya sendiri.
Salah satu kasus yang menghebohkan adalah penangkapan Jaksa Urip Tri Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Jalan Terusan Hang Lekir II, Simprug, pada 2 Maret 2008.Proses peradilan kasus Urip di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi terus berjalan. Jaksa Urip akhirnya ditetapkan bersalah dan divonis 20 tahun penjara, wajib membayar denda Rp500 juta, serta subsider kurungan enam bulan.Urip dijerat pasal� berlapis, di antaranya telah terbukti korupsi. Sedangkan hal yang memberatkan, Urip sebagai penyelenggara negara tidak mendukung pemerintah dalam memberantas korupsi. Sebagai penegak hukum telah mencoreng kredibilitas Kejaksaan Agung.

2. Pemberantasan korupsi terus gencar dilakukan di tahun 2008. Kasus Pemadam Kebakaran diduga paling banyak menyeret kepala daerah. Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut sebanyak 8 gubernur dan 13 bupati/wali kota tersangkut.Hingga akhir tahun ini, kepala daerah yang sudah diseret ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi adalah Wali Kota Makasar, Wali Kota Medan, dan Gubernur Riau. Eks gubernur Riau Saleh Djasit sudah divonis 4 tahun, hal serupa juga diterima Wakil Wali Kota Medan Ramli Rusli.Sedangkan yang sudah ditahan KPK adalah mantan gubernur Jawa Barat Danny Setiawan dan Dirjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri Oentarto Sindung Mawardi. Total pengembalian dana ke KPK dari proyek damkar tersebut sebesar Rp15,4 miliar. Padahal nilai anggaran dalam proyek tersebut senilai Rp101 miliar dan merugikan negara sekira Rp56 miliar.Sampai saat ini KPK masih terus menyelidiki sejauh mana para pejabat di Departemen Dalam Negeri terlibat dalam mengeluarkan radiogram. Mantan Mendagri Hari Sabarno juga menjadi saksi dalam kasus damkar ini

3. Di penghujung 2007 silam, semua pihak berharap pada 2008 ekonomi bisa tumbuh menggeliat. Namun, siapa sangka justru tahun ini ekonomi rawan luluh-lantak. Menteri-menteri ekonomi langsung berperan menjadi penjaga gawang sebagai imbas ekonomi global yang bermuara dari Amerika. Sri Muyani resmi menjadi pelaksana tugas pemegang kendali ekonomi Indonesia, sejak Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia 17 Mei 2008. Ruang Graha Sawala, Gedung Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Selasa 24 Juni menjadi saksi bersejarah penyerahaan tongkat ekonomi orang nomor satu di Lapangan Banteng ini.Namun Menkeu Sri Mulyani tampaknya sudah lihai menjadi menko. Kenaikan harga BBM pada 23 Mei lalu juga diumumkan oleh mantan direktur IMF ini.

4. Setelah pemerintah Amerika Serikat mengambil alih hak kendali atas dua perusahaan kredit perumahan raksasa yakni Fannie Mae dan Freddie Mac, krisis yang dialami oleh bank investasi ke–4 terbesar AS yakni Lehman & Brothers pun mulai mencuat ke permukaan, setelah investasi yang dilakukan oleh Lehman & Brothers mengalami kegagalan, dan tidak tercapai kesepakatan dalam negosiasi akuisisi, Lehman pun mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan, sehingga mengakibatkan tsunami ekonomi global.

5. Angka kasus mutilasi di tahun 2008 boleh dikatakan cukup memperihatinkan. Berdasarkan catatan , ada delapan kasus pembunuhan yang disertai tindakan memotong tubuh korban ini. Hampir sebagian besar, pelaku pembunuhan disertai mutilasi itu adalah orang dekat korban, mulai sebagai istri, suami, kekasih atau teman. Yang menghebohkan adalah kasus mutilasi yang dilakukan Verry Idham Henyansyah alias Ryan terhadap Heri Santoso. Ryan membunuh Heri karena kesal dengan ucapan korban yang ingin mengajak kencan kekasih sejenisnya Noval Andreas. Tubuh Heri ditemukan terpotong tujuh di kawasan Ragunan pada 12 Juli 2008 silam. Ryan membunuh dan memutilasi Heri di Apartemen Margonda. Ryan ditangkap Selasa sore 15 Juli pukul 16.00 WIB. Polisi menangkap Ryan setelah memeriksa 14 orang saksi dan menyimpulkan pelaku adalah orang dekat korban.� Kasus ini menjadi perhatian luas karena terungkap Ryan melakukan pembunuhan terhadap 10 orang lainnya.

6. Meskipun mendapatkan protes dari kalangan lembaga swadaya masyarakat, Kejaksaan Agung tetap melaksanakan eksekusi tembak terhadap terpidana mati.Dalam catatan , hingga berita ini diturunkan Kejagung telah memerintahkan eksekusi tembak terhadap 8 orang terpidana mati. Mereka itu adalah dua warga negara Nigeria yang terjerat kasus narkoba, pelaku pembunuhan berencana terhadap keluarga Letkol (Mar) Purwanto, yaitu Sumiarsih dan Sugeng. Berikut eksekusi 8 terpidana mati:Kasus Narkoba WN Nigeria, Sumiarsih dan Sugeng, Rio Martil, Amrozi, Muklas, dan Imam Samudra.

7. Kekerasan demi kekerasan sepertinya masih terus saja terjadi di Indonesia. Seperti di pertengahan tahun 2008, tepatnya 1 Juni, terjadi lagi kekerasan di silang Monas. Padahal hari itu adalah hari Pancasila. Masalah ini pun akhirnya menyita perhatian masyarakat dan menyebar semakin luas. Akibatnya, desakan pembubaran organisasi FPI pun muncul. Bahkan di beberapa daerah, markas FPI digeruduk massa dan meminta agar FPI membubarkan diri.Di tengah pro dan kontra ini polisi pun akhirnya melakukan tindakan tegas. 4 Juni 2008 pagi, sekira seribu anggota Brimob dan Dalmas mengepung markas FPI di Petamburan. Target menangkap 34 orang pelaku kekerasan di Monas. Bahkan, pentolan FPI pun Habib Rizieq ikut dibawa ke Polda. Namun, Munarman yang berada di Monas saat itu malah menghilang.

8. Masih ingat dengan video mesum antara anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Golkar Yahya Zaini dengan Maria Eva di tahun 2006? Ternyata kisah yang hampir sama juga terjadi di tahun 2008 ini. Bermula dari dua buah foto mesum antara anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (FPDI) Max Moein dengan eks stafnya Desi Vidyawati, skandal tersebut akhirnya terbongkar. Yang lain tidak bisa disebut sebagai skandal. Namun, ada etika yang ditabrak. Pasalnya, saat kabar berembus bahwa Artalyta memiliki kedekatan dengan kalangan Istana. Pagi-pagi benar, juru bicara presiden Andi Mallarangeng langsung membantahnya.Dia menepis, Presiden SBY sama sekali tidak mengenal dengan pengusaha yang menyuap jaksa Urip Tri Gunawan, yaitu Artalyta Suryani. Namun, fakta berbicara lain. Sebuah foto berbicara kedekatan Presiden SBY dengan Artalyta Suryani. Saat itu, Presiden SBY dengan Ani Yudhoyono menghadiri pernikahan salah satu anak Artalyta.

9. Jika ada yang bertanya pemakaman siapakah yang paling megah di tahun ini? jawabannya adalah pemakaman mantan Presiden kedua RI HM Soeharto. Minggu 27 Oktober pukul 01.00 WIB dini hari Soeharto dikabarkan mengalami sesak nafas. Tanda-tanda Soeharto akan meninggal pun mulai tercium. Namun, baru pada pukul 13.10 WIB keluarga dan tim dokter mengumumkan Soeharto sudah meninggal.Bagaimana tidak, porsi sorotan media massa sangat besar sejak saat mantan Presiden Soeharto kritis di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) hingga dimakamkan di Astana Giribangun. Begitu juga pejabat yang datang untuk menjenguk dan menaruh perhatian.Setelah tim dokter Kepresidenan dan keluarga Cendana mengumumkan Soeharto meninggal, sejumlah pasukan Paspampres langsung datang untuk membawa jenazah ke kediaman di Cendana.

10. Barack Obama terpilih menjadi Presiden AS pada Selasa (4/11) setelah mengalahkan McCain dari Partai Republik. Kemenagan Obama sekaligus mendobrak pangung politik Amerika sebagai presiden kulit hitam pertama Amerika. Karir politik obama menuju gedung putih tak bisa dibilang enteng. Tapi Obama adalah sosok anak muda yang mencapai puncak karir politk hanya dalam waktu empat tahun. Jabatan sebagai senator negara bagian, senator nasional sampai calon presiden semua diraih Obama sejak 2004 hingga tahun 2008.

11. Pagi 11 September, untuk pertama kalinya dinas kesehatan Propinsi Gansu mengumumkan gagal ginjal pada 59 pasien balita di propinsi tersebut, dan terdapat 1 bayi meninggal dunia, yang diakibatkan karena telah mengonsumsi susu bubuk beracun dari 1 merek yang sama. Kemudian disusul oleh Propinsi Hunan, Hubei, Shandong, Shanxi, Anhui, Jiangxi, Jiangsu, dan juga Henan juga terjadi kasus penyakit yang sama. Merebaknya kasus susu bubuk beracun Tiongkok ini, juga dijuluki dengan kasus “9-11” untuk industri susu bubuk di Tiongkok. 1 Desember Departemen Kesehatan Tiongkok mengeluarkan pengumuman, sejak 27 Nopember pukul 8, di seluruh Tiongkok sebagai akibat konsumsi susu Sanlu dan merek lainnya yang bermasalah telah menyebabkan kurang lebih 290.000 bayi telah timbul kelainan pada sistem urinear.

12. Malam 26 November teroris melakukan serangan terornya di berbagai pelosok kota Mumbay. Pada 2 Desember, pihak kepolisian India menyatakan bahwa serangkaian serangan teroris tersebut telah mengakibatkan 188 orang korban tewas, dan 313 orang terluka, namun ada sejumlah pejabat yang mengatakan bahwa jumlah korban tewas yang sesungguhnya akan jauh lebih banyak.

Tidak ada komentar: