Stay Tune... Only On 95.70 GeNJ RADIO SURYA MUSIK PERSADA

Kamis, 05 Februari 2009

Film Benjamin Button Dituduh Nyontek


Film peraih 13 nominai Oscar 2009 ini diajukan ke pengadilan dengan tuduhan menjiplak novel buatan seorang cewek asal Italia.Brad Pitt dan kawan-kawan sepertinya harus menunda pesta perayaan keberhasilan mereka mendapat 13 nominasi Academy Award. Pasalnya, film yang disutradarai oleh David Fincher ini baru aja diajukan ke pengadilan atas tuduhan plagiat.

Seorang cewek asal Italia bernama Adriana Pichini, menyatakan bahwa kisah yang diceritakan di dalam film The Curious Case of Benjamin Button sama dengan isi novel yang pernah dibuatnya 15 tahun yang lalu. Cerpen berjudul Il Ritorno di Arthur All'innocenza ini bahkan udah terdaftar hak ciptanya sejak tahun 1994 di badan hak cipta Italia.

Menurut Adriana, pada tahun 1994 dia sempat mengirimkan naskah novelnya ke beberapa penerbit di Amerika. Tapi naskah ini nggak pernah tembus, dan akhirnya cuma beredar di Italia aja.

Paramount Pictures dan Warner Bros. selaku studio dan rumah produksi film ini berdalih bahwa ide cerita The Curious Case of Benjamin Button terinspirasi dari sebuah cerpen karya pengarang legendaris, F.Scott Fitzgerald. Cerpen ini dirilis tahun 1921.

Siapa yang salah dan siapa yang bener? Kita tunggu aja keputusan pengadilannya.

Tidak ada komentar: