Stay Tune... Only On 95.70 GeNJ RADIO SURYA MUSIK PERSADA

Selasa, 10 November 2009

Cara Bertengkar yang Cerdas

Perbedaan pendapat yang berujung pada pertengkaran pasti sering Anda alami dengan pasangan. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari apabila Anda dan pasangan dalam keadaan emosi lalu saling beradu argumen. Lalu, bagaimana agar pertengkaran yang terjadi antara Anda dan pasangan tidak hanya sekedar perang kata-kata tetapi menjadi sebuah pembelajaran ?

1. Fokus - Saat bertengkar, fokuslah pada masalah yang memicunya, jangan melebar ke masalah lain yang tidak berhubungan atau mengungkit-ungkit permasalahan yang lalu.

2. Akui kesalahan - Pertengkaran seringkali dipicu karena Anda atau pasangan tidak mengakui
kesalahan. Cobalah untuk berjiwa besar dengan mengakui kesalahan jika Anda memang melakukannya. Jangan mencoba melindungi diri dengan melakukan kebohongan karena bisa menjadi bumerang bagi hubungan.

3. Cari penyelesaian - Jangan sampai pertengkaran yang terjadi tidak menghasilkan apa-apa. Anda dan pasangan harus mendapatkan pelajaran baru dan cara menyelesaikannya. Ingatlah kalau pertengkaran adalah proses pembelajaran.

4. Katakan maaf - Saat bertengkar Anda bisa saja mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hati pasangan. Untuk itu, tidak penting siapa yang memulai pertengkaran, Anda juga harus meminta maaf padanya. Hal itu bukan hanya sekedar Anda mengakui kesalahan tetapi lebih pada menghargainya sebagai pasangan dan mempererat hubungan.

Tidak ada komentar: